cara mudah mengunakan rumus sederhana pada aplikasi excel

Cara Menggunakan Rumus SUM di Excel

Rumus SUM merupakan rumus dasar excel yang paling sering di gunakan baik dalam pendidikan maupun dunia kerja biasanya rumus ini kita gunakan untuk menjumlahkan suatu bilangan atau angka rumus ini dibuat untuk mempermudah perhitungan angka baik itu dalam bentuk tabel atau kolom . Berikut adalah cara menggunakan rumus SUM di Excel:

Rumus excel ada 2 diantaranya , yaitu rumus Formula dan rumus Function. 

Rumus Formula adalah rumus excel yang dilakuakan dengan manual atau diketik contoh  "=A1+A2+A3" atau "=D1-D2/D3".

Rumus Function adalah rumus yang formatnya telah disediakan oleh Microsoft Excel   "=SUM(A1:A3)" atau "MIN(A1:A5)".

, kedua rumus tersebut sering digunakan. baik dalam dunia kerja maupun pendidikan  Rumus formula biasanya digunakan pada data-data yang bersifat sederhana. Sedangkan rumus function umumnya digunakan untuk mengolah data dengan skala yang lebih kompleks dan besar biasanya pengunaan rumus function lebih sering digunakan dalam perhitungan yang mempunyai data yang lebih banyak .



  • perhitunganya lebih akurat untuk data yang bersifat lebih banyak
  • dan data yang dihasilkan lebih kompleks 
  • data yang dihasilkan lebih rapih
  • waktu yang dihasilkan lebih singkat dari pada yang manual.
  • untuk data yang berjumlah besar rumus ini sangat cocok karena data yang dihasilkan lebih sederhana dan mudah difahami.

Kumpulan Rumus Function di Excel


1. SUM

. Contohnya jika Anda ingin menjumlahkan angka pada sel B2 sampai sel B10 maka rumus yang digunakan adalah:

=SUM(A2:A6)

setelah kita mengenal rumus SUM kita akan mempraktekan cara melakukan penjumlahan suatu bilangan dengan rumus excel

pertama buka aplikasi excel pada layar deskop komputer atau laptop anda setelah itu setelah itu kita buka file excel kita kemudian kita buat tabel yang akan di jumlahkan setelah selesai kemudian kita masukan angka yang akan di jumlahkan


Setelah tabel yang kita buat selesai kita cari jumlah penjualan laptop dari bulan januari sampai maret dengan cara kita klik =SUM(C4:E4) KLIK ENTER atau bisa di klik =SUM (blog klom C4 sampai E4 setelah itu klik enter maka akan keluarjumlah penjualan laptop dari bulan januari sampai bulan maret setelah itu untuk menghitung penjualan handphone dari bulan januari sampai maret bisa dilakukan hal yang sama.


pada dunia kerja maupun pendidikan peran aplikasi microsoft sangatlah penting tanpa kita sadari bahwa perkembangan teknlogi sekarang sangat membantu dalam meringankan dan memudahkan dalam mengerjakan sesuatu di era digital ini kita perlu untuk mengikuti perkembangan teknolgi secara keseluruhan sehingga memmudahkan kite dalam melakukan sesuatu 
Itulah beberapa cara pengunaan rumus SUM pada exel semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.



Post a Comment for "cara mudah mengunakan rumus sederhana pada aplikasi excel"